Home » Kesehatan » Inilah 6 Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan

Tanaman mint merupakan jenis tanaman yang juga memiliki nama latin mintha spacata. Tanaman ini telah lama digunakan sebagai salah satu obat herbal yang ampuh dalam mengatasi beragam jenis penyakit. Tanaman mint sendiri banyak dimanfaatkan pada bagian daunnya. Bukan hanya berguna dalam ilmu pengobatan, daun minta juga dapat digunakan sebagai daun penyegar dalam masakan.

Kandungan Daun Mint

Daun mint dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi segala jenis penyakit. Hal ini dikarenakan daun mint mengandung sejumlah zat sehat seperti yang di bawah ini:

  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Tembaga
  • Mangan
  • Menthol
  • Lemak
  • Kalori
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Protein
  • Serat diet
  • Magnesium

Hebatnya lagi, daun mint juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, antispasmodic, dan antijamur.

Ciri-Ciri Daun Mint

Daun mint memiliki bentuk daun yang panjang dengan bagian tepian yang bergerigi. Daun mint sendiri digolongkan ke dalam beberapa jenis tanaman seperti halnya pepermint, applemint, curlymint serta spearmint.

Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun mint antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mengobati gangguan pernapasan

Manfaat daun mint yang pertama adalah untuk mengatasi gangguan pernapasan yang dapat dialami oleh semua kalangan usia. Daun mint sendiri ampuh dalam mengobati gangguan pernapasan karena memiliki kandungan sehat berupa menthol yang cukup tinggi di dalamnya.

Kandungan daun yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi sistem pernapasan mulai dari mengurangi gejala tersumbatnya hidung akibat flu, melonggarkan kontraksi bronkus pada penderita asma.

  1. Mengatasi bau mulut akibat bakteri

Bakteri yang menempel pada mulut ataupun gigi disebabkan oleh sisa makanan yang tidak dibersihkan. Jika dibiarkan, bakteri akan berkembang semakin banyak dan menyebabkan gangguan mulut seperti bau mulut tidak sedap.

Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi daunt mint yang masih segar maupun yang telah kering. Adapun langkah pengonsumsian daun mint bisa dilakukan dengan cara mencampurnya ke dalam seduhan teh. 

  1. Mencegah penyakit kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan ditakuti. Daun mint mengandung antioksidan serta vitamin C yang cukup tinggi dan berguna untuk menangkal radikal bebas yang juga menjadi penyebab kanker.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan, umumnya terjadi akibat kurangnya asupan serat dalam tubuh. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir mengingat konsumsi daun mint mampu membantu anda dalam mengatasi gangguan pencernaan yang terjadi.

Daun mint juga mengandung efek anastesia yang berguna dalam meringankan gejala kram pada perut. Daun yang satu ini dapat pula mencegah terjadinya pembentukan gas dalam perut anda.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan berkurang memang menjadi masalah tersendiri terlebih bagi seorang anak yang ada dalam masa pertumbuhan. Konsumsi daun mint, dapat memberi efek nyaman bagi pengonsumsinya sehingga mampu membantu meningkatkan nafsu makan supaya lebih tinggi dan meningkat.

Dalam hal ini, anda cukup mengolah masakan yang disajikan dengan taburan daun mint pada bagian atasnya.

  1. Membantu dalam mengendalikan stres

Manfaat daun mint yang selanjutnya adalah untuk membantu mengendalikan stres. Daun yang satu ini memiliki aroma yang segar, sehingga dapat membantu meringankan gejala stres pada penderita. Bukan hanya itu, daun mint juga memiliki sifat sedatif yang dapat meredakan rasa tegang pada otot.

Nah, ada begitu banyak bukan, manfaat daun mint bagi kesehatan. Untuk itu, mulai saat ini jangan ragu memanfaatkan daun ini untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*