Home » Kesehatan » Inilah 4 Makanan Penyebab Gigi Keropos yang Wajib Anda Hindari

Memiliki gigi yang indah dan sehat merupakan anugerah yang luar biasa. Anugerah ini akan sangat terasa lebih luar biasa lagi kalau kita sedang sakit gigi. Anda tau kan bagaimana rasanya sakit gigi? Makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, kepala nyut-nyutan, dan yang pasti rasa sakitnya nggak nahan deh.

Kenapa sih kita bisa sakit gigi? Untuk menjelaskan hal itu,  Anda perlu tau dulu bahwa gigi kita ini dilindungi oleh enamel gigi di bagian paling luar. Nah, karena setiap hari kita mengunyah sesuatu, maka lapisan gigi kita ini lama-lama akan terkikis dan kemudian keropos. Jika gigi kita keropos, makanan akan mudah nyangkut di gigi itu, membusuk bersama bakteri dan menyebabkan infeksi pada gigi, sehingga akan terasa sakit.

Agar kondisi seperti ini tidak terjadi pada kita, maka kita perlu memilih dan memilah makanan yang menyebabkan gigi keropos. Dan apabila kita memakan pemicu gigi keropos ini, maka segeralah  kumur-kumur atau menyikat gigi Anda.

Lantas, tahukah anda, apa saja makanan yang menyebabkan gigi keropos tersebut? Nah, langsung saja berikut ini adalah jawabannya.

Daftar Makanan Penyebab Gigi Keropos

Makanan Manis

Salah satu penyebab utama gigi keropos pada anak-anak adalah makanan manis. Kenapa begitu? Karena anak-anak sangat suka sekali dengan makanan manis seperti coklat dan permen. Dan ini pun berlaku untuk orang dewasa. Coklat dan permen yang rasanya manis ini, jika terlalu lama menempel di gigi, maka ia akan mengundang bakteri yang merusak gigi dan membuatnya keropos.

Makanan yang Rasanya Asam

Tidak hanya makanan manis saja yang bisa membuat gigi keropos, makanan yang rasanya asam pun bisa menyebabkan gigi keropos. Makanan yang berasa asam ini jika dimakan terlalu sering, maka lama kelamaan akan mengikis lapisan enamel gigi, dan pada akhirnya gigi menjadi keropos. Dan memiliki gigi yang keropos itu tidak menyenangkan. Selain mulut Anda akan berbau, gigi Anda pun akan lebih rentan mengalami sakit gigi.

Buah yang Dikeringkan

Jika Anda merupakan penggemar buah yang dikeringkan, maka Anda perlu waspada dan perlu segera membersihkan gigi setelah memakannya. Hal ini perlu Anda lakukan karena buah yang mengalami proses pengeringan memiliki kadar gula yang lebih tinggi. Dan salah satu contoh buah kering itu adalah kismis.

Memakan Makanan yang Panas dan Dingin Dalam Satu Waktu

Bagi Anda yang sangat suka dengan kuliner berkuah yang hangat seperti bakso, soto dan lainnya, maka Anda sebaiknya tidak memakannya bersamaan dengan memakan atau meminum sesuatu yang dingin. Jika Anda melakukannya, maka suhu makanan yang terlalu ekstrim dalam satu waktu akan membuat gigi Anda  keropos seiring waktu.

Bagaimana, lebih baik menjaga kesehatan gigi atau menerima dengan senang hati kalau gigi Anda keropos?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*