Home » Komputer » Yuk, Kita Intip Perkembangan Komputer Dari Waktu Ke Waktu! (I)

Komputer merupakan salah satu barang yang dibutuhkan oleh semua orang saat ini. Betapa tidak, semua pekerjaan seolah membutuhkan dan menggunakan komputer. Jangankan untuk bekerja, untuk membuat lamaran pekerjaan pun seseorang diharuskan menggunakan komputer. Namun, sayangnya, tidak semua orang tahu sejarah dan perkembangan komputer dari waktu ke waktu.

Komputer pertama kali diciptakan oleh Charles Babbage. Pria ini merupakan salah satu orang yang akan mengubah dunia karena idenya untuk menciptakan konsep dari komputer. Siapa yang sangka, bahwa idenya untuk membuat mesin hitung kini akan mengubah dunia di masa kini!

Pada tahun 1822, ada sebuah mesin yang diciptakan oleh Babbage. Mesin hitung buatan Babbage ini dinama Difference Engine no 1. Bagi kita saat ini, mesin hitung ini bisa jadi dinamakan kalkulator. Namun, di masa itu, mesin hitung ini merupakan mesin andalan yang sangat canggih.  Betapa tidak? Mesin ini dapat menghitung hitungan yang sangat sulit. Pada masa itu, hitungan yang skalanya kompleksitasnya tinggi bahkan bisa diselesaikan dengan mesin ini. Hitungan yang rumit sekalipun bisa diselesaikan dengan waktu yang sangat singkat. Penampakan dari mesin ini bisa dilihat di Museum Science di London.

Pada tahun 1937, ada dua orang ilmuwan yang membuat dan mengembangkan desain komputer untuk yang pertama kalinya. Kedua orang ilmuwan itu adalah Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry. Mereka menamakan penemuannya tersebut dengan nama ABC, yakni Atanasoff- Berry Computer. Namun, berdasarkan dari fungsinya, penemuan Atanasoff dan Berry tersebut hanya bisa digunakan untuk melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan saja. Penemuan ini tentu saja masih sangat jauh dibandingkan dengan desain computer yang ada saat ini.

Di masa perang dunia kedua, yakni di tahun 1943, ada sebuah mesin yang dibuat kembali oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris. Mengingat masa tersebut adalah masa perang, maka penggunaan mesin ini adalah untuk kebutuhan perang pihak militer Inggris. Hebatnya lagi, mesin ini digunakan untuk mengetahui sistem pertahanan yang digunakan oleh pihak musuh Inggris, salah satunya adalah negara Jerman.

Hathaway Howard Aiken merupakan salah satu orang yang berasal dari Amerika. Orang berkebangsaan Amerika inilah yang membuat sebuah mesin yang dinamakan ‘komputer’, yakni Mark 1. Kemampuan dari mesin ini rasanya sudah tidak bisa diragukan lagi. Mesin ini memiliki kemampuan untuk menghitung perhitungan dengan cara digital. Maka dari itu, mesin ini disebut sebagai mesin hitung berkonsep digital pertama di dunia. Mengingat komponen yang ada pada zaman dulu berukuran sangat besar, maka mesin ini tidak berukuran sama dengan kalkulator maupun komputer yang kita gunakan saat ini. Mesin ini memiliki berat hingga 35 ton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*