Home » Komputer » 5 Langkah Sederhana untuk Kembalikan Performa Komputer Tua

Bagi mereka yang menggunakan komputer sebagai media untuk bekerja pastinya sangat menginginkan performa yang stabil. Sebaliknya, jika ada kesalahan pada perangkat tersebut sepertinya jadi mati gaya dan pekerjaan tak kunjung selesai. Sementara, untuk beli komputer baru bukan pilihan yang tepat karena dana yang diperlukan juga besar dan tak semua fitur yang ada pada komputer ini bisa digunakan.

Sebagian orang malah terkesan tidak peduli dengan harga per komputernya, namun yang mereka pusingkan yaitu memindahkan data yang ada di komputer lama. Butuh waktu berhari hari mungkin jika data yang mau dipindahkan bergiga giga. Banyak waktu dan dana yang terkuras.

Ada sih cara mudah agar terhindar dari hal hal yang merepotkan itu dan pastinya bisa meningkatkan performa komputer tua. Jika dilakukan secara berulang, bukan tak mungkin perangkat “uzur” ini bisa kembali layaknya saat beli pertama.

  1. Perhatikan RAM Komputer

Memori adalah pusat pengolah data yang sangat berperan besar dalam pemrosesan data. RAM atau Random Access Memory akan melambat jika saat dipakai melakukan aktifitas multitasking. Misalnya, Anda sedang browsing beberapa situs internet sambil editing gambar di Photoshop dengan waktu bersamaan. Butuh waktu cukup lama untuk bisa loading dan jika tidak berhasil, bisa beresiko hang. Kondisi ini terjadi karena RAM bekerja melebihi kemampuannya dalam memproses data.

Sudah pasti, menambah RAM pada komputer yang Anda pakai adalah solusi yang terbaik. Cuman, perlu diingat untuk tetap menyesuaikannya dengan kemampuan komputer membaca RAM. Percuma saja jika Anda pasang 16 GB tapi komputer hanya sanggup membaca kurang lebih 8 GB.

  1. Selalu Up date Anti-Virus

Salah satu faktor yang kerap diabaikan adalah hadirnya virus yang terkumpul cukup lama di komputer yang Anda miliki. Kondisi ini semakin diperparah karena kebanyakan pengguna komputer kurang atau malas melakukan up date pada software anti-virus. Untuk itu, sangat disarankan untuk selalu up date paling tidak sebulan sekali.

  1. Bersihkan Cookies

Siapa bilang komputer ‘jadul’ tak bebas untuk browsing? Tapi, ada syaratnya yaitu selalu membersihkan cookies agar aktifitas ini dapat dilakukan tanpa hambatan. Cara ini bisa dilakukan setelah selesai berinteraksi dengan dunia maya. Untuk pengguna browser sendiri, terdapat perbedaan apakah menggunakan Mozilla Firefox atau Google Chrome.

  1. Gunakan SSD Drive

Kelebihan dipasangnya SSD Drive ini adalah kinerja komputer dapat ditingkatkan. Karena penyimpanan data ini tak membutuhkan perangkat magnetik putar layaknya harddisk. Hebatnya lagi, SSD Drive ini bisa memiliki kecepatan dua kali lipat dibandingkan dengan hard disk 7200 RPM.

  1. Lakukan Defragmenting Hard Disk

Upaya ini dilakukan untuk menyusun kembali data data yang terpecah selama komputer bekerja dan pastinya meringankan performa. Meski perangkat Anda bisa melakukannya sesuai jadwal, tak ada salahnya sih melakukan secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*