Home » Komputer » Gejala Komputer Mulai Terinfeksi Virus

Halo sahabat blogger …

Komputer kini menjadi semakin dekat dan menjadi benda yang sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan manusia. Hal ini dikarenakan komputer sangat membantu dalam menjalankan berbagai aktivitas seperti pekerjaan, penghitungan, desain, bahkan sebagai hiburan. Namun, tak ada sesuatu yang sempurna, komputer juga mempunyai kelemahan, seperti misalnya celah-celah keamanan yang dimanfaatkan orang yang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan virus, malware dan program berbahaya lainnya.

Nah, untuk itu, ada baiknya jika anda mengetahui gejala-gejala berikut ini guna mengetahi apakah komputer anda sedang terjangkit virus atau tidak.

Gejala Komputer Terjangkit Virus

  1. Sering Crash atau Blue-Screen

Indikasi komputer anda terkena virus yang pertama adalah terjadinya crash atau Blue-Screen. Umumnya blue-screen akan menutup semua aplikasi kemudian menampilkan tulisan error yang terjadi dalam bilangan dan tulisan yang tidak dapat dipahami secara langsung. Layar tersebut biasanya berwarna biru dengan tulisan berwarna abu-abu. Oleh karenanya, peristiwa ini disebut Blue-Screen.

2. Kecepatan Kinerja Komputer Melambat

Kecepatan komputer yang menjadi lebih lambat dari biasanya bisa juga merupakan sebuah penanda bahwa komputer anda terserang virus. Hal ini dikarenakan virus juga merupakan sebuah program dan mengonsumsi alokasi ruang bebas RAM anda sangat banyak. Sedikitnya ruang bebas pada RAM akan menyebabkan komputer melambat kinerjanya.

3.  Banyak File yang Corrupt

File yang tiba-tiba rusak tidak dapat diakses atau tidak dapat dibuka merupakan tanda-tanda bahwa komputer anda sedang diserang virus. Beberapa virus mempunyai kemampuan merusak data dengan cara mengubah beberapa pengaturan default pada komputer yang menyebabkan beberapa file anda tidak dapat diakses.

4. Anti-virus dan Firewall Non-aktif dengan Sendirinya

Inilah kehebatan dari virus yang membahayakan komputer anda. Firewall dan anti-virus merupakan perangkat lunak yang menjaga keamanan komputer anda. Namun, beberapa virus mampu mematikan Antivirus dan Firewall. Lebih berbahayanya lagi, matinya kedua komponen keamanan tersebut tidak anda sadari. Disarankan anda mengecek status komponen keamanan anda ketika sedang melakukan proses pemeliharaan.

5. File Shortcut

Tidak ada yang salah sebenarnya dengan shortcut. Tetapi, kini shortcut sangat diidentikkan dengan virus karena banyaknya kejadian penyerangan virus pada komputer menggunakan metode File Shortcut ini. penyebaran virus shortcut ini umumnya dikarenakan oleh media portabel seperti flash disk, dan External Hard Disk. Oleh karenanya, pastikan anda melakukan scanning menggunakan anti-virus pada media portabel anda sebelum digunakan di komputer.

6.  File Aneh dan Tidak Dikenali Bermunculan

Komputer yang terkena virus juga dapat dikenali dengan munculnya file-file yang tidak anda kenali sebelumnya di komputer anda secara tiba-tiba. File-file yang sering muncul biasanya memiliki ekstensi .exe, .conf, .dll dan lain semacamnya.

7.  Terganggunya Kinerja Beberapa Program Aplikasi

Biasanya virus juga akan menyebabkan beberapa program aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik. Contohnya, ketika membuka suatu aplikasi, akan memakan waktu yang lama, bahkan ada juga program aplikasi yang tidak dapat dibuka karena virus telah menghilangkan file penting yang digunakan untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Nah, Itulah Gejala umum yang biasanya terjadi jika komputer anda sedang terserang virus. Untuk itu, disarankan untuk melakukan langkah maintenance dan scanning anti-virus secara berkala agar komputer terhindar dari virus dan program berbahaya lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*