Home » Travel » Deretan Gili Terindah dan Terpopuler di Lombok

Saat ini pastinya tak ada yang meragukan pesona keindahan Pulau Lombok. Dan bahkan banyak yang bilang jika pulau Lombok saat ini pesonanya hampir bisa menyamai pesona pulau Bali.  Bukan hanya pantainya saja yang mempesona, tetapi juga adat istiadat masyarakatnya, pesona air terjunnya, dan tentunya yang paling menarik adalah keindahan ‘Gili’ nya. Yang bahkan namanya sudah mendunia. Dan di antara sekian banyak Gili yang ada di Lombok, berikut ini kami rangkum Gili paling populer dan terfavorit yang menjadi incaran para turis asing.

  1. Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan gugusan pulau yang bisa di bilang, terbesar di pulau Lombok, mengalahkan ke dua saudaranya yaitu gili Meno dan gili Air. Di Gili Trawangan anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor yang berlalu lalang layaknya daerah wisata di Bali. Satu-satunya transportasi yang bisa dinikmati wisatawan yaitu Cidomo atau kereta kuda dalam bahasa Sasak. Selain Cidomo anda dapat menyewa sepeda pancal untuk berkeliling ke seluruh gili Trawangan dengan biaya Rp. 50.000 per harinya.

Untuk mengitari gili ini dengan sepeda pancal, membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 jam. Gili Trawangan lebih banyak dikenal dengan nama Party Island karena banyaknya lokasi untuk berpesta seperti bar dan hiburan malam. Selain itu, wisata bawah laut yang ditawarkan gili Trawangan juga sangat luar biasa indahnya. Terumbu karang dan kumpulan ikan masih banyak ditemui karena kelestariannya masih terjaga. Tingkat keamanan di Gili Trawangan juga sangat baik, walaupun tidak ada polisi masyarakat umumlah yang menangani masalah ini.

Dan apabila ada orang yang bikin onar atau melakukan tindak kejahatan yang mengganggu ketentraman di gili Trawangan, maka masyarakat setempat akan membawanya ke kantor polisi di Bangsal dan di masukkan daftar hitam yang melarang orang tersebut singgah lagi ke gili Trawangan selama 5 tahun kedepan.

  1. Gili Meno

Gili Meno berada di tengah-tengah gili Trawangan dan gili Air. Gili ini telah dinobatkan oleh TrioAdvisor pada tahun 2016 sebagai gili yang memiliki pantai paling indah dan terbaik di Indonesia. Gili yang ditinggali kurang lebih 110 orang tersebut memiliki pesona yang juga luar biasa, dan punya kelebihan tersendiri dibanding ke dua saudara lainnya. Berbeda dengan gili Trawangan dan gili Air, gili Mewo memiliki suasana yang relative sepi dan tentram. Selain itu, gili Meno dijuluki sebagai tempat bulan madu paling eksotis dan indah di Negeri ini. Keindahan wisata bawah lautnya juga tidak kalah dengan gili Trawangan. Terumbu karang yang masih terjaga dapat mengundang banyak ikan warna-warni untuk hidup disana, sehingga semakin menguatkan pesona Gili ini.

  1. Gili Air

Gili Air merupakan perpaduan antara gili Meno dan gili Trawangan. Di sisi sebelah Barat gili Air terdapat hiburan malam seperti halnya di gili Trawangan, sedangkan pada sisi Timur gili, anda akan dimanjakan layaknya berada di gili Meno. Keindahan bawah lautnya juga masih sangat terjaga. Ada banyak macam ikan yang hidup di terumbu karang gili Air. Tak heran jika banyak wisatawan yang melakukan diving atau snorkeling di gili ini.

Nah, itulah di atas 3 Gili terbaik dan terpopuler di Lombok karena ke eksotisannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*