Home » Investasi » Cara Cerdas Mengoptimalkan Gaji Untuk Investasi

Akan sangat disayangkan jika pendapatan yang kita peroleh tidak dapat dioptimalkan dengan baik hanya karena kita kurang mampu dalam mengelola keuangan. Bayangkan apabila kelak ketika kita berada pada usia senja, kerja keras kita saat dapat dinikmati dengan baik.

Cara yang tepat untuk mengalokasikan pendapatan yaitu dengan cara berinvestasi. Memilih investasi yang tepat juga harus dipikirkan secara matang. Untuk itu kami akan memberikan info tentang cara mengoptimalkan gaji untuk investasi secara tepat.

  1. Membuat daftar keuangan dengan baik

Membuat daftar keuangan dapat digunakan untuk mengoptimalkan gaji dalam berinvestasi. Mulailah denganĀ  membuat catatan keuangan antara pemasukan dan pengeluaran

Pisahkan antara pengeluaran primer dan tersier. Pengeluaran primer misalnya membayar listrik, telepon, kartu kredit, pinjaman bank, kredit kendaraan bermotor, dan lainnya. Pengeluaran tersier missal memebeli tas, sepatu dan lainnya.

Setelah semua di list dengan baik, cek sekali lagi dan timbang pengeluaran. Jika ada beberapa pengeluaran yang kurang dibutuhkan mulailah untuk memangkasnya kembali hingga pengeluaran tidak membebani anggaran.

Dari situlah anda dapat mengetahui berapa dana yang dapat anda sisihkan untuk berinvestasi.

  1. Menentukan jenis investasi

Setelah modal untuk investasi terpenuhi, anda dapat menentukan jenis investasi yang anda inginkan. Lakukan riset terlebih dahulu tentang jenis investasi yang anda inginkan. Terutama dari segi keamanan. Tentunya anda tidak inginkan uang yang anda sisihkan dengan susah payah berakhir sia-sia.

Apabila anda masih bingung menentukan jenis investasi, maka anda dapat melakukan investasi yang memiliki nilai resiko kecil. Seperti investor produk tertentu, emas atau property.

  1. Memanfaatkan bonus secara efisien

Dalam suatu perusahaan untuk mengapresiasi kinerja karyawan, mereka akan memberikan kebijakan berupa bonus. Jika anda mendapatkannya jangan langsung berhasrat untuk berbelanja sepuasnya. Gunakanlah untuk meningkatkan investasi anda agar lebih bermanfaat dikemudian hari. Apabila dana yang kita investasikan semakin besar, secara otomatis semakin besar pula simpanan yang kita miliki.

  1. Mengembangkan jenis investasi

Apabila investasi anda sudah mulai berjalan, sebaiknya anda memikirkan kembali untuk mengembangkan investasi yang lebih besar. Hal ini dilakukan untuk mengatisipasi penuranan dari investasi yang sudah anda jalankan.

Namun sebelum hal tersebut anda putuskan, kembali lagi anda harus melakukan survey terlebih dahulu dan memikirnya dengan matang. Jangan terlalu gegabah memutuskan meskipun anda sudah memiliki modal untuk mengembangkan investasi yang lain.

Memang bukanlah suatu hal yang mudah jika kita berada di fase pengembangan investasi. Jika sekali saja kita salah memutuskan dalam berinvestasi, maka besar kemungkinan anda malah akan mengalami kerugian dan bukan perkembangan. Setidaknya pilihlah bidang investasi yang anda kuasai.

Belajar untuk berinvestasi memang tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa kesabaran dan kemauan kita untuk tetap berhemat guna pengembangan skala investasi yang lebih besar. Jika pemilihan jenis investasi yang dilakukan tepat, maka keuntungan yang didapatkan juga akan lebih maksimal. Jadi jangan pernah takut berinvestasi dan mulailah dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*