Home » Kesehatan » Tips Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat dan Mudah

Hampir tiap orang pastinya pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Entah itu karena gigi berlubang, atau penyebab lainnya. Dan tentunya semua pasti sudah tahu jika saat sakit gigi menyerang, rasanya bisa sangat menyiksa. Dan tak jarang hingga menyebabkan pipi menjadi bengkak.

Nah, jika anda sedang dalam kondisi sakit gigi seperti ini, tentu hal terbaik yang di lakukan adalah dengan melakukan pengobatan. Dan berbagai cara pengobatan sakit gigi berikut ini, sebaiknya segera anda praktekkan agar keluhan segera menghilang.

Tips Mengobati sakit gigi dengan cepat

Berkumur dengan Air Garam

Jika sakit gigi mulai terasa, maka cepatlah Anda pergi ke dapur. Anda bisa menggunakan garam dapur yang dilarutkan dengan air hangat untuk berkumur. Lakukan proses berkumur selama beberapa kali, hingga Anda merasakan sakit di gigi Anda sudah mulai mereda.

Namun berkumur dengan air garam ini tidak mengobati infeksi yang terjadi pada gigi Anda ya, cara ini dilakukan hanya untuk meredakan rasa sakitnya saja. Jadi setelah rasa sakitnya reda, Anda tetap harus pergi ke dokter gigi untuk merawat dan mengobati gigi Anda yang terinfeksi tadi.

Minyak Cengkeh

Apakah Anda tau minyak cengkeh? Jika Anda memiliki persediaan minyak cengkeh di rumah, maka Anda pun bisa menggunakan minyak cengkeh ini untuk meredakan rasa sakit, caranya hampir sama dengan ketika Anda menggunakan garam. Teteskan minyak cengkeh di air, kemudian Anda bisa menggunakan air tersebut untuk berkumur.

Daun Jambu Biji

Jika di rumah Anda ada pohon jambu biji, maka Anda bisa menggunakan daunnya untuk meredakan sakit gigi. Sebelum digunakan, daun jambu biji ini dihancurkan dan dilumatkan terlebih dahulu, setelah itu buat menjadi bulatan kecil lalu ditempelkan  ke gigi Anda yang berlubang dan terasa sakit.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara lain untuk meredakan sakit gigi adalah dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih. Bawang merah dan bawang putih ini memiliki zat antimikroba, sehingga bisa meredakan sakit gigi yang sedang kita rasakan. Cara menggunakannya pun sangat mudah sekali, Anda hanya perlu menghaluskan bawang putih atau bawang merah tersebut, kemudian menempelkannya pada gigi yang sakit

Obat Pereda Nyeri

Jika segala cara sudah Anda coba, namun sakit gigi Anda pun tidak kunjung mereda karena infeksinya sudah terlalu serius, maka jalan yang paling ampuh untuk meredakan sakitnya adalah dengan meminum obat pereda nyeri. Tentunya obat pereda nyeri ini harus atas rekomendasi dokter gigi Anda, karena biasanya, selain diberikan obat pereda nyeri, dokter pun akan memberikan antibiotik untuk mengatasi infeksinya.

Jika sakit gigi menyerang segera lakukan pertolongan pertama dengan mencoba tips-tips di atas. Dan apabila dalam beberapa hari tak kunjung sembuh sebaiknya bawa ke dokter gigi terdekat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*