Home » Kesehatan » Langkah yang Harus Segera Dilakukan Bila Digigit Anjing

training of a police dog: belgian shepherd malinois

Sekalipun untuk sebagian orang Anjing itu menyeramkan, namun tidak sedikit juga yang senang bermain dengan anjing. Di antara mereka yang menyukai anjing itu, ada yang sampai ngebela-belain merawat anjing di rumahnya, dan mereka rela mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk memberi makan, dan melakukan perawatan terhadap anjing-anjingnya.

Penyuka anjing seringkali menghabiskan waktu bersama anjingnya untuk bermain, entah itu hanya sekedar membelai kepalanya, bermain lempar bola, mengajak anjingnya jalan-jalan, hingga berguling-guling bersama anjingnya. Bermain dengan anjing seperti ini nampaknya sangat menyenangkan sekali.

Sekalipun bermain dengan anjing itu menyenangkan, namun anda perlu berhati-hati dengan binatang tersebut, karena walau bagimana pun anjing adalah hewan karnivora yang memiliki insting untuk menggigit mangsanya. Dan perlu Anda tahu, bahwa gigitan anjing ini seringkali berakibat fatal pada korbannya.

Lantas, apa yang harus di lakukan jika kemungkinan buruk, tergigit anjing terjadi pada anda?

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Bila di Gigit Anjing

 

Membersihkan Luka Gigitan Dengan Air

Jika Anda digigit anjing, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menenangkan diri, karena kalau Anda panik, maka darah akan semakin deras mengucur dari luka gigitan anjingnya, dan pastinya akan lebih terasa sakit. Setelah Anda tenang, maka bersihkanlah luka gigitan itu dengan air. Hal ini perlu Anda lakukan karena kemungkinan besar ada sisa-sisa makanan atau kotoran dari mulut anjing yang menempel di luka Anda.

Membersihkan Dengan Cairan Infus Steril

Setelah luka dibersikan dengan air, maka hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah membersihkan luka dengan cairan infus yang steril. Ini dilakukan agar luka bekas gigitan benar-benar bersih. Tentunya Anda tidak mau kan kalau luka bekas gigitan anjing ini mengalami pembusukan karena lukanya kotor?

Mengoleskan Cairan Antiseptik

Lalu bagaimana kalau cairan infus sterilnya susah didapatkan? Dan Anda tidak menyimpan cairan seperti ini di rumah Anda? Jika Anda tidak memiliki cairan infus steril, maka sebagai gantinya Anda bisa menggunakan cairan antiseptik untuk membunuh kuman. Jika luka sudah diberikan cairan antiseptik, maka Anda bisa melakukan langkah yang berikutnya.

Mengoleskan Salep Antibiotik

Sekalipun sudah diberikan cairan antiseptik, agar lebih aman dan agar luka tidak mengalami infeksi, maka hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah mengoleskan salep antibiotik. Tujuan utama dari pengolesan antibiotik ini supaya bakteri tidak berkembang dan luka gigitan tidak mengalami pembusukan.

Menutup Luka Dengan Perban

Setelah semua langkah kita lakukan, maka Anda perlu melindungi luka gigitan dengan menutupnya dengan perban. Ini dilakukan agar luka tidak terkena debu dan air, sehingga lebih cepat pulih dan tidak mengalami infeksi. Selain itu, hal ini dilakukan agar orang lain tidak jijik melihat luka gigitannya.

Meminta Pertolongan Tenaga Medis

Apabila luka gigitan Anjingnya terlalu besar, maka Anda perlu meminta pertolongan kepada tenaga medis. Sehingga luka gigitannya bisa mendapatkan perawatan yang lebih intensif dan mendapatkan tindakan medis lainnya seperti dijait jika lukanya menganga.

 Nah, semoga informasi di atas bisa bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*