Home » Kesehatan » Inilah Ragam Jenis Permainan yang Bisa Asah Kreativitas Si Kecil

Sebagai orang tua, tugas kita dalam mengasuh anak, salah satunya adalah dengan memberi aneka stimulus agar anak bisa mengembangkan kreativitas berpikir dan kreativitas motoriknya. Untuk mengembangkan kreativitas tersebut, kita bisa menggunakan beraneka macam cara, dan tentunya semua perlu dikemas dalam bentuk permainan.

Kenapa perlu dikemas dengan bentuk permainan? Karena di masa anak-anak, kebutuhan mereka bermain lebih tinggi dibandingkan kebutuhan lainnya, sehingga aktivitas bermainlah yang akan cukup efektif menggali dan mengembangkan potensi anak. Dan ketika bermain ini, mereka akan merasa senang, sehingga apa yang kita stimulus dengan kegiatan bermain akan mereka ikuti dengan sukarela.

Apakah semua bentuk permainan bisa di jadikan alat atau sarana untuk mengasah kreativitas anak? Tentu saja tidak, Anda perlu memilih dan memilah mainan yang sesuai, entah itu mainan yang sesuai dengan tujuan pembelajarannya, atau pun sesuai dengan usia anak. Dan mainan-mainan berikut ini bisa menjadi alternatifnya.

Menebak Benda Dalam Kantong

Anak-anak senang sekali dengan sesuatu yang membuat mereka penasaran, sehingga mereka akan sangat senang jika diajak bermain menebak benda di dalam kantong. Selain tujuannya anak akan terhibur, permainan ini pun bisa merangsang motorik anak untuk mengenali benda-benda. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan benda-benda bertekstur untuk dijadikan bahan tebakan.

Lomba Memakai Sepatu

Bagi orang dewasa, memakai sepatu bukanlah kegiatan yang spesial apalagi menyenangkan. Tapi untuk anak-anak, ini adalah kegiatan menantang dan sarat pembelajaran. Saat memakai sepatu, apalagi kalau sepatunya bertali, mereka bisa belajar banyak hal, mulai dari mengenal posisi kiri dan kanan, melatih motorik halusnya supaya lebih terampil mengikat sepatu, dan melatih mereka untuk bersegera saat memakai sepatu.

Agar kegiatan memakai sepatu menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan lagi, maka kita bisa mengemasnya dalam bentuk perlombaan. Kalau dilombakan apalagi jika dijanjikan hadiah tertentu, anak pasti akan lebih bersemangat untuk bermain sembari belajar.

Menyusun Lego Atau Balok Kayu

Satu permainan lagi yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan kreativitas anak adalah menyusun lego atau balok kayu. Dengan melakukan permainan ini, maka diharapkan daya nalar, kreativitas dan kecerdasan spasial anak akan semakin berkembang.

Menggambar dan Mewarnai

Satu permainan yang tidak membutuhkan banyak biaya dan tidak melelahkan adalah kegiatan menggambar dan mewarnai. Biasanya anak paling suka jika dibebaskan untuk menggambar apa yang ia suka. Saat menggambar, kita tidak perlu selalu mengarahkan, beri kesempatan anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya sendiri, dan biarkan anak berani menentukan dan memutuskan apa yang akan mereka gambar dan dengan warna apa mereka akan mewarnai.

Jika kita konsisten dengan cara-cara seperti ini, maka anak akan lebih percaya diri saat mengambil keputusan dan saat harus memilih sesuatu dalam hidupnya nanti setelah dewasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*