Home » Kesehatan » Inilah Berbagai Jenis Makanan dan Minuman yang Ternyata Bisa Membuat Gigi Kuning

Tidak dipungkiri, penampilan merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Apalagi bagi  mereka yang sering berinteraksi atau tampil di depan publik. Dan salah satu yang mempengaruhi penampilan itu adalah warna gigi. Jika Anda tersenyum di depan umum dengan gigi yang putih bersih, maka Anda akan lebih memesona dibandingkan jika gigi Anda berwarna kuning.

Untuk mendapatkan warna gigi yang putih bersih, maka Anda harus rajin membersihkan gigi, tapi membersihkan gigi saja tidak cukup, selain itu Anda perlu selektif dalam memilih makanan, karena ternyata makanan dan minuman itu ada yang membuat gigi menjadi kuning. Apa saja ya makanan yang membuat gigi kuning tersebut? Nah, berikut inilah adalah beberapa di antaranya.

Aneka Buah-buahan

Buah-buahan punya banyak manfaat bagi tubuh, entah itu sebagai penghasil antioksidan, penghasil vitamin C, ataupun penghasil serat yang membantu proses pencernaan. Tapi ternyata, disamping banyaknya manfaat, buah-buahan pun ada yang berdampak kurang baik bagi kita, salah satunya adalah membuat gigi menjadi kuning.

Kenapa buah-buahan ini bisa menjadikan gigi kuning? Ini terjadi pada buah-buahan tertentu yang memiliki warna buah yang pekat, sehingga bisa meninggalkan warna pada gigi, apalagi jika setelah makan buah ini Anda tidak langsung berkumur atau membersihkan gigi.

Teh Hitam

Apakah Anda penggemar teh dan tidak bisa lepas dari teh seumur hidup Anda? Jika benar demikian, maka Anda harus bersiap-siap memiliki gigi kuning. Kenapa? Karena teh, terutama teh hitam mengandung tanin yang tinggi, yang bisa membuat warna gigi Anda kuning. Hal ini bisa kita lihat pada gelas yang sering dipakai untuk membuat teh, warna gelasnya lama kelamaan akan berwarna kekuningan.

Saus, Kecap dan Cuka

Makan bakso tidak lengkap kiranya jika Anda tidak menuangkan saus, kecap dan cuka ke dalam mangkuk bakso Anda. Bakso yang ditambahkan ketiga bahan tambahan makanan tersebut akan memiliki rasa yang lebih sedap dan tentunya lebih menggairahkan untuk disantap.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa saus, kecap dan cuka bisa membuat gigi Anda menjadi kuning? Hal ini bisa terjadi karena ketiga bahan tambahan makanan itu mengandung zat pewarna yang akan menempel di gigi kamu jika tidak segera dibersihkan, dan jika mengonsumsinya dalam jangka waktu bertahun-tahun, maka gigi kita yang tadinya putih akan mulai menguning.

Minuman Bersoda

Satu jenis minuman yang cukup keras dan bisa merusak enamel gigi adalah minuman bersoda. Namun, selain bisa merusak enamel gigi, minuman bersoda yang mengandung zat warna ini pun bisa membuat gigi Anda yang putih berubah warna menjadi semakin kuning, jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Kunyit dan Cabai

Kunyit dan Cabai merupakah bumbu dapur favorit para ibu. Keberadaannya bahkan tidak bisa dipisahkan dari sajian makanan kita setiap harinya. Tapi sadarkah kita kalau kedua bumbu dapur ini bisa membuat gigi kita kuning? Apalagi jika kunyit kita parut dan kita lumuri di gigi kita, walhasil gigi kita akan kuning sempurna.

Bila menginginkan gigi putih terawat, sebaiknya konsumsi makanan di atas dengan bijak. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*