Home » Kuliner » Chai Kue Khas Pontianak

Pontianak itu sebuah kota yang tidak terlalu besar, yang berada di sebelah baratnya Pulau Kalimantan. Pontianak juga merupakan ibukotanya Provinsi Kalimantan Barat. Pontianak merupakan kota multi etnis. Berbagai macam suku tinggal di Kota Pontianak, sehingga jika kita bicara masalah kuliner, maka banyak jajanan kuliner khas kota Pontianak yang dipengaruhi oleh berbagai macam suku tersebut.

Salah satu kuliner khas kota Pontianak adalah Chai Kue, yang sangat dipengaruhi oleh budaya Cina yang berkembang di Kota Pontianak. Makanan ini awalnya pada masa lalu dibawa oleh keturunan China yang merantau lalu menetap di Pontianak. Chai Kue diambil dari bahasa China dimana Chai artinya adalah sayuran. Sedangkan kue artinya adalah kue. Sehingga jika digabung, Chai Kue adalah kue yang di dalamnya diisi sayuran.

Chai Kue ini termasuk dalam keluarganya dimsum. Dimasak dengan cara dikukus. Di Pontianak isi Chai Kue pada umumnya sayuran. Isinya bervariasi, ada yang diisi dengan talas, bengkoang, rebung, kucai atau ebi yang diiris-iris. Sedangkan untuk bagian kulitnya, bahan yang digunakan adalah campuran tepung sagu dan tepung beras. Dengan kombinasi ini maka Chai kue Pontianak memiliki rasa yang khas.

Selamat mencoba ya teman2 JMB Pusat …he he he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*