Home » Internet » Awasi Anak Saat Mereka Mengakses Internet

Kebutuhan akan informasi beberapa tahun belakangan ini meningkat dengan sangat tajam. Ada banyak sekali tugas dan tuntutan tidak langsung yang dirasakan oleh orang dewasa bahkan hingga anak-anak sekalipun. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi seperti sekarang ini, maka ada banyak kemudahan yang bisa dirasakan oleh semua orang. Komputer dan internet merupakan dua hal yang sangat penting sekarang ini. Keduanya merupakan perangkat yang seolah tidak terpisahkan lagi. Semua orang menggunakan keduanya dimana saja, bahkan di tempat tidur sekalipun!

Orang dewasa dengan setumpuk pekerjaannya di kantor sedangkan anak-anak usia sekolah dengan tugas sekolahnya. Maka dari itu, tidak heran anak-anak pun saat ini dituntut untuk bisa menggunakan komputer dan internet. Kemudahan untuk mendapatkan akses internet yang lebih baik ini sangat membantu mereka, terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Mereka ingin tahu segalanya.

Dengan adanya internet, maka apapun bisa mereka dapatkan dan cari di dunia maya. Semua kemudahan ini akan membantu mereka mencari tahu tentang dunia dan keadaan paling baru saat ini. Mulai dari berita dunia, berbagai kondisi negara di belahan dunia lain hingga apapun yang berhubungan dengan pertumbuhan dirinya sendiri, baik secara fisik maupun secara mental.

Keingintahuan mereka yang sangat besar inilah yang harus menjadi lampu kuning bagi para orang tua. Mereka cenderung mengakses apapun yang ingin mereka tahu dari internet. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali pertanyaan didalam kepala mereka. Anak-anak yang malu bertanya akan mencari tahu apa yang ingin mereka ketahui dengan mengakses internet. Internet sendiri bisa diakses oleh siapa saja selama mereka memiliki perangkat dan koneksinya. Pihak penyedia layanan internet tidak tahu apakah yang menggunakan jasanya adalah anak-anak atau orang dewasa.

Maka dari itu, para orang tua sebaiknya memberikan pengawasan yang cukup ketat, apalagi pada anak yang sedang mengalami masa pubertas. Mereka sangat ingin tahu apapun yang berhubungan dengan perkembangannya. Selain itu, memberikan pengawasan pada pergaulan mereka pun adalah hal yang sangat penting. Mudahnya memiliki akun jejaring sosial adalah hal yang baik namun membawa keburukan juga. Anak-anak bisa mendapatkan banyak teman baru, namun mereka juga sangat rentan terbawa ke pergaulan yang salah. Parahnya lagi, anak-anak bisa saja dibuli di dunia maya.

Orang tua sudah seharusnya membatasi waktu anak saat mengakses internet dan menyediakan waktu untuk bercakap-cakap dengan anaknya dengan lebih lama. Dengan demikian, maka orang tua dan akan akan terjalin sebuah kedekatan emosional yang benar-benar berkualitas. Saat anak-anak sedang berada dalam masalah, mereka tidak akan menceritakan kesusahan atau kegaualan hatinya di dunia maya atau di jejaring sosial. Mereka akan mencari seseorang yang paling dekat, dan seharusnya orang itu adalah orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*