Home » Software » Ketahui Perkembangan Corel Draw, Software Gambar Yang Unik

Penggunaan komputer ternyata bukan hanya untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan tulisan saja, seperti pekerjaan mengetik, membuat table serta membuat sebuah presentasi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh mesin yang dulunya berukuran sangat besar dan berbobot hingga 30 ton ini. Siapa yang mengira bahwa dengan seperangkat papan sirkuit, ternyata komputer bisa digunakan untuk banyak hal, salah satunya adalah menggambar dan hal-hal yang berhubungan dengan grafis.

Mereka yang menggunakan software gambar pastinya sudah tidak asing lagi dengan Corel Draw. Ini adalah salah satu software yang paling banyak digunakan oleh banyak desainer untuk membuat grafik vector. Selain itu, seiring dengan perkembangannya dari tahun ke tahu, Corel Draw juga bisa digunakan untuk membuat poster, logo dan desain cover majalah atau buku.

Software ajaib ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation yang ada di Kanada, tepatnya di Ottawa. Berangkat dari seorang teknisi software, yang bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne, yang bekerja di perusahaan Corel Corporation. Kedua teknisi ini dipekerjakan untuk mengembangkan program tersebut.

Pada tahun 1987, kedua teknisi software tersebut mengembangkan program ilustrasi dasar vector yang bisa digabungkan dengan sistem desktop. Setelah dilakukan berbagai macam penelitian dan pengembangan, akhirnya pada tahun  1989, akhirnya software ini pun dirilis ke pasaran. Waktu rilis dari sebuah versi Corel Draw pun ada yang bersamaan dengan waktu rilis dari sistem operasi terkenal, yakni Windows.

Pemilik dan pendiri dari Corel Corporatin adalah Michael Cowpland yang merupakan salah seorang wirausahawan yang berasal dari Kanada adalah orang yang melakukan penelitian akan software ini dengan lebih mendalam. Lahir pada tahun 1943, Cowpland yang mendapatkan gelar Bsc dari Imperial College di London ini akhirnya mendapatkan gelar Phd pada tahun 1973. Gelar tersebut ia dapatkan setelah memutuskan untuk pindah ke Kanada dan mengambil master di Carletton Otawa.

Corel sendiri adalah kepanjangan dari Cowpland Research Laboratory yang kemudian dibentuk menjadi sebuah Corporation atau perusahaan. Sistem operasi Windows pun sangat kompatibel dengan software ini. Bahkan Corel Draw bisa diinstal tanpa mendapatkan rekomendasi dari software yang lainnya yakni Adobe Type Manager.

Beberapa keunggulan dari setiap versinya sangat unik dan pantas saja dikenal dan digunakan oleh banyak desainer grafis. Pada tahun 1991, versi 2 dari Corel Draw diperkenalkan ke publik. Pada tahun 1992, versi ketiga dirilis, dan begitu seterusnya hingga pada tahun ini, Corel Draw versi 15 pun diperkenalkan ke publik pada tahun 2014. Keunggulan  dan fitur yang dimiliki oleh software ini sangat beragam dan ternyata begitu disukai oleh para penggunanya sehingga dikembangkan dengan versi yang paling baru di tahun 2014 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*