Home » Sistem Operasi » Microsoft Windows, Sistem Operasi Yang Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Pertanyaan yang paling umum dan banyak ditanyakan oleh mereka yang akan menginstal sistem operasi pertama kalinya untuk komputer adalah ‘sistem operasi apa yang akan digunakan?’ Dan orang-orang pun akan menjawab: Windows!

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang diinstal pada komputer dan merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh semua orang. Skala dan jumlah penggunanya pun tidak sedikit, yakni dunia! Inilah sebabnya saat ditanya tentang sistem operasi untuk komputer, maka orang-orang pun akan menjawab sistem operasi dengan logo jendela berwarna warni tersebut. Melihat dari kesuksesannya, Windows ternyata sudah mengalami perjalanan yang sangat panjang sejak pertama kali diciptakan.

Perusahaan pembuat Windows ternyata didirikan pada tanggal 4 April 1975. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen. Pada tahun 1980, perusahaan ini bisa mendominasi dengan produknya, sebuah sistem operasi, yakni MS-DOS. Pasar yang diincar ternyata bukan main-main, pasar komputer pribadi ternyata didominasi dengan sistem operasi ini.

Bisnis dari kedua orang ini pun  berkembang dengan sangat pesat, yakni dengan meluncurkan sistem operasi Windows. Sistem operasi Windows ini diperkenalkan pada publik pada tahun 1986. Pada tahun itu, nilai saham dari perusahaan ini naik dengan sangat tajam. Inilah yang menyebabkan gaji dan penghasilan pendiri dan karyawan dari Microsoft langsung berkali-kali lipat dari awalnya. Ada tiga milioner dan sekitar 12.000 pekerjaan yang mendapatkan gaji diatas rata-rata dari naiknya nilai saham tersebut.

Windows 1 diperkenalkan pada masyarakat pad atahun 1985. Namun rupanya sistem operasi ini masih kurang populer karena dinilai masih terdapat beberapa kekurangan. Pada awalnya, sistem operasi ini akan diberi nama Interface Manager, namun Rowland Hanson, selaku kepala pemasaran di perusahaan ini mengubah namanya. Ia meyakinkan bahwa nama ‘Windows’ akan lebih disukai oleh masyarakat dan dinilai lebih menjual.

Pada tahun 9 Desember 1987, Windows 2 pun diperkenalkan pada publik. Dengan adanya tambahan beberapa aplikasi grafis, nilai jual dari sistem operasi ini lebih baik dari versi sebelumnya. Pada akhirnya, Windows 3 menjadi sangat terkenal karena kemampuannya yang multi tasking. Para user bisa menggunakan beberapa program secara serentak sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Pada tahun 1990, Microsoft mengeluarkan software untuk mereka yang bekerja di kantor, yang diberi nama Microsoft Office. Beberapa aplikasi yang banyak digunakan diantaranya adalah Microsoft Word, Excel dan Power Point.

Pada tanggal 24 agustus 1995,, diriliskan produk Windows 95. Produk ini pun lagi-lagi sangat terkenal di pasaran dunia sehingga mengalahkan produk saingan yang dibuat oleh perusahaan lain yang membuat sistem operasi juga. Konsumen banyak yang beralih ke Windows 95 karena ada banyak kelebihannnya. Dan hingga sekarang, produk dari Microsoft ini terus mengalami perkembangan yang signifikan hingga digunakan oleh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*