Home » Software » Apa Pengertian Dari Software dan Seperti Apa Perkembangannya?

Apa software yang digunakan untuk mengetik? Apa software yang digunakan untuk menggambar? Pertanyaan ini akan muncul bagi mereka yang memiliki komputer namun bingung bagaimana cara menggunakan mesin ini. Komputer tidak bisa menjalankan sebuah perintah jika tidak ada input dari user.

Nah, perintah itulah yang dinamakan dengan software. Software adalah sebuah atau sekumpulan perintah  dalam bentuk logis atau kode. Perintah ini hanya bisa dimengerti dan dipahami oleh komputer saja, tidak oleh manusia. Maka dari itu, sebuah komputer jelas-jelas sangat membutuhkan software karena hanya komputerlah yang bisa menterjemahkan perintah user melalui software yang ia gunakan.

Software sendiri baru dikenal pada tahun 1935 seiring dengan dibuat dan dikembangkannya komputer. Istilah software sendiri digunakan pada tahun 1958. ‘Software’ diperkenalkan dan ditulis oleh John W. Tuckey.

Sama halnya seperti komputer, ada beberapa tahapan perkembangan pada software dari tahun ke tahun hingga kini. Era Pioneer merupakan era pertama kalinya software komputer dibuat dan dikembangkan. Pada masa ini, software tidak berbentuk seperti CD seperti sekarang ini. Software di era ini berbentuk seperti sambungan yang menghubungan bagian-bagian pada komputer. Sambungan tersebut menggunakan kabel. Untuk menggunakan sambungan ini, maka sambungan ini dibuat secara manual.

Era stabil merupakan era yang cukup berpengaruh sangat banyak pada perkembangan komputer. Komputer di era ini sudah bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Kemampuan ini disebut dengan kemampuan multi tasking. Hebatnya lagi, software di era ini bisa menyelesaikan beberapa permintaan user komputer secara cepat dan instant. Di era ini pula user bisa mulai mengetahui bagian data dan mana pun sebuah program. Hal inilah yang menyebabkan media penyimpanan data mulai dikembangkan satu persatu.

Bisa jadi di era mikro inilah software komputer berkembang dengan sangat pesat. Pada era ini, software komputer bisa dibagi menjadi banyak jenis. Sebutlah beberapa merk seperti sistem operasi yang diinstal di komputer maupun di laptop semua orang di dunia, seperti Windows, Linux, Machintos dan masih banyak lagi. Beberapa contoh software berupa bahasa pemrograman adalah Delphi dan Visual Basic.

Di era modern seperti sekarang ini, software pun bahkan bisa diinstal di berbagai gadget, sebutlah smart phone dan tablet. Beberapa contoh aplikasi untuk smart phone adalah Symbian, Windows dan Android, si Robot Hijau yang terkenal dan dikembangkan oleh Google.

Tingkat kecerdasan dan kompleksitas yang ditunjukkan dan dikembangkan oleh software pun semakin bertambah. Tampilan gambar dari kualitas rendah hingga yang tinggi, high definition, pun bisa ditunjukkan dengan baik. Ditambah lagi dengan diperdengarkannya suara. Hal ini menambah nilai jual dari sebuah software. Semakin banyak kemampuan yang dimilikinya, maka software tersebut akan semakin diminati oleh banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*