Home » Komputer » Yuk, Kita Intip Perkembangan Komputer Dari Waktu Ke Waktu! (II)

Dr. Joh Von Neumann merupakan salah satu pioner yang menulis ide tentang cara menyimpan data pada mesin hitung yang ada. Namun, sayangnya, ide yang muncul pada tahun 1945 ini tidak diikuti dengan pembuatan alat sehingga tidak ada bukti sejarah akan penemuan ini. Padahal, penyimpanan data  sangat penting fungsinya bagi sebuah mesin hitung.

Satu tahun setelahnya, yakni tahun 1946, Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert Junior merealisasikan perangkat komputer untuk yang pertama kalinya. Mereka membuat komputer yang diberi nama ENIAC. ENIAC sendiri adalah kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. Kemampuan dari mesin ini membuat mereka berdua dinobatkan dan dikenal sebagai penemu komputer dengan sistem digital.

Keunggulan yang bisa dibanggakan dari Mark 1 adalah kemampuannya untuk melakukan penghitungan. Operasi hitung tambah, kurang, kali dan bagi bisa diselesaikan dengan ENIAC. Fitur lain yang menjadi unggulan adalah ENIAC dapat menjalankan sebuah program sederhana setelah diprogram dengan baik dan benar.

Komputer dengan sistem digital ini menggunakan sebanyak 18.000 lampu tabung transistor yang berukuran sangat besar. Berat komputer ini sendiri adalah sekitar 30 ton. Lagi-lagi, karena keterbatasan teknologi, komputer ini menggunakan daya yang sangat besar. Untuk bisa menggunakan dan menjalankan komputer ini, dibutuhkan daya hingga 160.000 watt! Kebutuhan akan daya yang sangat besar itu membuat jaringan listrik di kota komputer ini berada, kota Phladelphia, mati total saat komputer ini dinyalakan.

Salah satu komponen penting pada komputer adalah transistor. Transistor yang digunakan untuk ENIAC berukuran sangat besar. Transistor sendiri dibuat dan dikembangkan oleh William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain. Seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, penemuan ketiga tokoh penting diatas terus mengalami perubahan sehingga menjadi transistor dengan ukuran yang ada saat ini. Inilah yang menyebabkan mengapa komputer bisa berukuran kecil, seperti PC atau laptop.

Pada tahun 1951, dibuatlah komputer komersial untuk pertama kalinya yang diberi nama UNIVAC 1. UNIVAC adalah kepanjangan dari Universal Automatic Computer. Komputer ini dibuat dan dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert. Proses instalasi komputer ini dilakukan oleh The US Bureau of Cencus untuk sebuah perusahaan, yakni Remington-Rand Corporation.

Komputer sendiri kini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini.  Komputer saat ini digunakan untuk menginstal program atau aplikasi, mengolah data dan ditunjang dengan media penyimpanan data, maka komputer bisa digunakan untuk menyimpan data yang kemudian akan diolah.

Dilihat dari jenisnya  dan bentuknya pun, komputer bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Kedua jenis kelompok tersebut adalah komputer dalam bentuk Personal Computer (PC) dan laptop, yakni komputer yang berbentu seperti koper dan bersifat portable. Bisa jadi dalam beberapa tahun mendatang, akan dikembangkan komputer jenis baru seiring dengan majunya teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*