Home » Internet » Bangkitkan Nuansa Komik, Pengembang Game Canberra Semakin Mendunia

Pemerintah mana yang tak bangga jika warga negaranya berhasil membuat sebuah prestasi? Ini terjadi di Canberra, seorang pencipta game berhasil membuat hasil kreasinya mendunia. Adalah The Blockbuster Borderlands : The Pre-Sequel, nama game yang diciptakan di sebuah permukiman warga di pinggiran Kota Canberra. Hebatnya, banyak sekali game yang tercipta di salah satu kota di Australia ini.

Game ini sendiri merupakan game ketiga dari waralaba Borderlands dan mendapat perhatian dari publik dunia.  Sebelumnya, ada Bioschock, Bioshock 2 dan Bioschock Infinity dimana masing masing berada di peringkat teratas untuk spesifikasi game first-person shooter.

Adapun game yang diciptakan merupakan pengembangan minat pengguna akan nuansa komik. Bahkan, Direktur Utama Kreatif 2K Australia, mengatakan jika saat ini timnya sedang menciptakan game dengan mengambil tema luar angkasa dan melibatkan banyak tim ahli dari berbagai dunia. Mereka mengundang beberapa ahli dari berbagai latar belakang mulai dari desainer, artis hingga programmer untuk ikut serta dalam pengembangan beberapa game tersebut.

Hal ini dilakukan oleh Pemerintah Australia mengingat industri game merupakan pasar yang belum terlalu dikenal dan cenderung kurang mendapat dukungan baik dana maupun infrastruktur.

Bahkan, kendala yang selalu dihadapi yaitu terbatasnya dana disiasti dengan cara memotong pengeluaran saat mengembangkan game interaktif. Itu sebabnya, banyak pihak mengharapkan dukungan penuh mengingat ratusan ide demi perkembangan industri game itu sendiri terus bermunculan dan susah untuk direalisasikan.

Sebagai informasi, Canberra kini semakin berkembang dan berusaha menjadi pusat industri game di dunia. Tak muluk muluk, Direktur Akademi Hiburan Interaktif (AIE) John De Marghereti mendukung penuh rencana ini dengan mengajak pemerintah Federal untuk berbuat lebih banyak di industri game termasuk dana yang dibutuhkan, dan tentu saja, potongan pajak agar dunia semakin mengenal Australia sebagai basis beragam game.

Menurut sebuah analis dari perusahaan terpercaya, industri game ini akan terus berkembang hingga mendekati angka $US100 miliar di seluruh dunia. Ini artinya, permintaan yang terus meningkat seharusnya menjadi daya tarik untuk mengembangkan metode game itu sendiri.

Sayangnya, untuk menciptakan game yang menarik tak sekedar butuh ahli coding, akan tetapi daya imajinasi tinggi untuk membuat alur game semakin menarik menjadi masalah bagi warga Canberra. Sulitnya untuk mencari sumber daya manusia terutama di kalangan anak muda menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah setempat.

Jadi, berangkat dari kenyataan diatas, sudah saatnya generasi anak muda sekarang lebih peduli terhadap perkembangan dunia. Berbagai fasilitas yang disediakan seperti internet yang semakin mudah, sebaiknya dimanfaatkan untuk menciptakan karya besar. Tak sedikit kita mendengar banyaknya pendiri situs sosial seperti Facebook, yaitu seorang anak muda putus sekolah tapi memberikan hal yang bermanfaat bagi dunia. Anda hanya mau jadi penonton saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*